Laman

Rabu, 26 Mei 2010

tugas 10

perubahan dan perkembangan organisasi

Latar Belakang
Perubahan Dan Pengembangan Organisasi
Perubahan Organisasi
Dalam masyarakat yang mengitari organisasi dewasa ini, terdapat banyak isu mengenai perubahan – perubahan dan bagaimana seorang pribadi atau sekolompok orang dalam suatu organisasi mengatasi desakan perubahan yang tidak dapat dielakkan sehingga mereka dapat mempertahankan organisasi mereka agar tetap berlangsung. Meskipun perubahan adalah kenyataan hidup, apabila manajer dalam suatu organisasi perusahaan ingin efektif, mereka tidak lagi dapat membiarkan perubahan itu terjadi sebagaimana adanya. Mereka harus dapat menyusun strategi untuk merencanakan, mengarahkan, dan mengendalikan perubahan. Akan tetapi adakalanya satu – satunya jalan menuju efektifitas dan efesiensi adalah melalui perubahan. Perubahan merupakan salah satu fakta kehidupan dalam perilaku organisasi. Perubahan yang diintroduksi secara tidak tepat, juga dapat menyebabkan timbulnya sikap menentang dan tindakan sabotase.
Mengapa perubahan demikian penting
Perusahaan – perusahaan dalam lingkungan yang stabil dan statik , akan merasakan bahwa suatu ketika perubahan perlu dilaksanakan sekalipun hal tersebut hanya meliputi perubahan dalam angkatan kerja. Teknologi teknologi baru terus menerus dikembangkan, dan persaingan harus dihadapi dalam bentuk penawaran penawaran pemasaran dan kebijaksanaan kebijaksanaan penetapan harga baru. Efek perubahan atas organisasi formal sangat besar.
Teknologi dan organisasi merupakan dua macam faktor kausal utama dalam pengoperasian perusahaan. Tindakan mereorganisasi dan memodifikasi dasar dasar teknologikal bukanlah pekerjaan kecil. Tetapi, dampak perubahan atas sistem – sistem individual dan sosial mungkin lebih besar. Perubahan sebagai suatu proses
Kita dapat menyatakan perubahan sebagai suatu proses yang terdiri dari suatu aktivitas yang berkaitan satu sama lain. Perubahan tidak mungkin terjadi , kecuali hal itu berlangsung melalui manusia. Manusia harus memutuskan diadakannya perubahan, dan mereka harus merencanakan bagaimana perubahan itu akan terjadi, dan organisasi atau perusahaan yang bersangkutan perlu dimodifikasi, agar mereka dapat mengakomodasi perubahan secara paling efektif, dan setelahnya perlu direkrut dan digantikan anggota anggota organisasi dengan orang orang yang memiliki keterampilan keterampilan baru yang lebih sesuai begitu pula para karyawan lama perlu dilatih kembali dengan keterampilan keterampilan baru, dan akhirnya perubahan tersebut harus diupayakan kelangsungannya.
Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi (PO) sebagai suatu disiplin perubahan perencanaan yang menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk membantu organisasi-organisasi mencapai efektivitas yang lebih besar. Para manajer dan staf ahli harus bekerja dengan dan melalui orang-orang untuk melaksanakan tugas-tugas mereka dan PO dapat membantu mereka membentuk hubungan yang efektif di antara mereka. Di dalam menghadapi akselerasi perubahan yang semakin cepat, PO diperlukan untuk bisa mengatasi konsekuensi-konsekuensi dari perubahan tersebut.
Sejarah pengembangan organisasi ditunjukkan oleh lima latar belakang/batang: pelatihan laboratorium, umpan balik survei, riset tindakan, produktivitas dan kualitas kehidupan kerja, serta perubahan strategik. Pertumbuhan yang berkelanjutan di dalam sejumlah deversitas pendekatan PO, praktisi, dan keterlibatan organisasi membuktikan sehatnya suatu disiplin dan menawarkan suatu prospek yang menguntungkan di waktu mendatang.
Para Pelaku Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi (PO) diterapkan kepada tiga jenis manusia: spesialisasi individu di dalam PO sebagai profesi, orang-orang dari lapangan yang terkait, yang telah mencapai sejumlah kompetensi di dalam PO, dan para manajer yang memiliki keahlian PO yang diperlukan untuk perubahan dan mengembangkan organisasi atau departemen mereka.
Pengembangan organisasi (PO) sebagai suatu disiplin perubahan perencanaan yang menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk membantu organisasi-organisasi mencapai efektivitas yang lebih besar. Para manajer dan staf ahli harus bekerja dengan dan melalui orang-orang untuk melaksanakan tugas-tugas mereka dan PO dapat membantu mereka membentuk hubungan yang efektif di antara mereka. Di dalam menghadapi akselerasi perubahan yang semakin cepat, PO diperlukan untuk bisa mengatasi konsekuensi-konsekuensi dari perubahan tersebut.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Organisasi
Faktor-faktor Penyebab Perubahan Organisasi
Secara garis besar faktor penyebab terjadinya perubahan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1. Faktor ekstern,
2. Faktor intern.
Faktor Ekstern
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari luar, atau sering disebut lingkungan. Organisasi bersifat responsive terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Oleh karena itu, jarang sekali suatu organisasi melakukan perubahan besar tanpa adanya dorongan yang kuat dari lingkungannya. Artinya, perubahan yang besar itu terjadi karena lingkungan menuntut seperti itu. Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.
Perkembangan dan kemajuan teknologi juga merupakan penyebab penting dilakukannya perubahan. Penggantian perlengkapan lama dengan perlengkapan baru yang lebih modern menyebabkan perubahan dalam berbagai hal, misalnya: prosedur kerja, kualitas dan kuantitas tenaga kerja, jenis bahan baku, jenis output yang dihasilkan, system penggajian yang diberlakukan yang memungkinkan jumlah bagian-bagian yang ada dikurangi atau hubungan pola kerja diubah karena adanya perlengkapan baru.
Perkembangan IPTEK terus berlanjut sehingga setiap saat ditemukan berbagai produk teknologi baru yang secara langsung atau tidak memaksa organisasi untuk melakukan perubahan. Organisasi yang tidak tanggap dan bersedia menyerap berbagai temuan teknologi tersebut akan tertinggal dan pada gilirannya tidak akan sanggup survive.
Faktor Intern
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat berasal dari berbagai sumber antara lain:
- Problem hubungan antar anggota,
- Problem dalam proses kerja sama,
- Problem keuangan.
Hubungan antar anggota yang kurang harmonis merupakan salah satu problem yang lazim terjadi. Dibedakan menjadi dua, yaitu: problem yang menyangkut hubungan atasan bawahan (hubungan yang bersifat vertikal), dan problem yang menyangkut hubungan sesama anggota yang kedudukannya setingkat (hubungan yang bersifat horizontal). Problem atasan bawahan yang sering timbul adalah problem yang menyangkut pengambilan keputusan dan komunikasi. Keputusan pimpinan yang berkenaan dengan system pengupahan, misalnya dianggap tidak adil atau tidak wajar oleh bawahan, atau putusan tentang pemberlakuan jam kerja yang dianggap terlalu lama, dsb. Hal ini akan menimbulkan tingkah laku anggota yang kurang menguntungkan organisasi, misalnya anggota sering terlambat. Komunikasi atasan bawahan juga sering menimbulkan problem. Keputusannya sendiri mungkin baik tetapi karena terjadi salah informasi, bawahan menolak keputusan pimpinan. Dalam hal seperti ini perubahan yang dilakukan akan menyangkut system saluran komunikasi yang digunakan.
Problem yang sering timbul berkaitan dengan hubungan sesame anggota organisasi pada umumnya menyangkut masalah komunikasi dan kepentingan masing-masing anggota.
Proses kerja sama yang berlangsung dalam organisasi juga kadang-kadang merupakan penyebab dilakukannya perubahan. Problem yang timbul dapat menyangkut masalah system kerjasamanya dan dapat pula menyangkut perlengkapan atau peralatan yang digunakan. Sistem kerja sama yang terlalu birokratis atau sebaliknya dapat menyebabkan suatu organisasi menjadi tidak efisien. System birokrasi (kaku) menyebabkan hubungan antar anggota menjadi impersonal yang mengakibatkan rendahnya semangat kerja dan pada gilirannya produktivitas menurun, demikian sebaliknya. Perubahan yang harus dilakukan
akan menyangkut struktur organisasi yang digunakan.
Perlengkapan yang digunakan dalam mengolah input menjadi output juga dapat merupakan penyebab dilakukannya perubahan. Tujuan penggunaan berbagai perlengkapan dan peralatan dalam proses kerjasama ialah agar diperoleh hasil secara efisien.
Proses Perubahan Organisasi
Proses Penerapan OD dilakukan dalam 4 tahap :
1. Tahap pengamatan sistem manajemen atau tahap pengumpulan data. Dalam tahap ini mengamati sistem dan prosedur yang berlaku di organisasi termasuk elemen-elemen di dalamnya seperti struktur, manusianya, peralatan, bahan yang digunakan dan bahkan situasi keuangannya. Data yang diperlukan adalah:
a. Fungsi utama tiap unit organisasi
b. Peran masing-masing unit dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi
c. Proses pengambilan keputusan serta pelaksanaan tindakan dalam
masing-masing unit
d. Kekuatan dalam organisasi yang mempengaruhi perilaku antar kelompok
dan antar individu dalam organisasi.
2. Tahap diagnosis dan umpan balik.
Dalam tahap ini kualitas pengorganisasian serta kegiatan operasional masing-masing elemen dalam organisasi dianalisis dan dievaluasi. Ada beberapa kriteria yang umum digunakan dalam mengevaluasi kualitas elemen-elemen tersebut, diantaranya:
a. Kemampuan beradaptasi, yaitu kemampuan mengarahkan kegiatan dan tenaga dalam
memecahkan masalah yang dihadapi
b. Tanggung jawab : kesesuaian antara tujuan individu dan tujuan organisasi
c. Identitas :kejelasan misi dan peran masing-masing unit
d. Komunikasi : kelancaran arus data dan informasi antar unit dalam organisasi
e. Integrasi : hubungan baik dan efektif antar pribadi antar kelompok, terutama
dalam mengatasi konflik dan kritis
f. Pertumbuhan : iklim yang sehat dan positif, yang mengutamakan eksperimen Dan
pembaharuan, serta yang selalu menganggap pengembangan sebagai sasaran utama.
3. Tahap pembaruan dalam organisasi.
Dalam tahap ini dirancang pengembangan organisasi dan dirumuskan strategi memperkenalkan perubahan atau pembaruan. Strategi ini bertujuan meningkatkan efektivitas organisasi dengan cara mengoreksi kekurangan serta kelemahan yang dijumpai dalam proses diagnotik dan umpan balik.
4. Tahap implementasi pembaruan.
Tahap akhir dalam penerapan OD adalah pelaksanaan rencana pembaruan yang telah digariskan dan disetujui. Kegiatan implementasi perubahan meliputi :
a. Perubahan struktur
b Perubahan proses dan prosedur
c. Penjabaran kembali secara jelas tujuan serta sasaran organisasi
d. Penjelasan tentang peranan dan misi masing-masing unit dan anggota dalam
organisasi.
Langkah-langkah Perubahan
1. Menyadarkan para anggota bahwa perubahan tertentu perlu dilakukan (unfreezing),
2. Melakukan perubahan (changing),
3. Menstabilkan situasi setelah perubahan dilaksanakan (refreezing).
Tahap pertama menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perubahan. Tahapan ini melibatkan faktor manusianya. Manusia merupakan faktor kunci keberhasilan perubahan tetapi dapat pula merupakan faktor yang menyebabkan proses perubahan gagal mencapai tujuan yang telah ditentukan. Setiap perubahan memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapai. Tujuan tersebut harus dikomunikasikan kepada anggota sehingga mereka menyadari bahwa perubahan yang hendak dilaksanakan memang merupakan sesuatu yang penting bagi organisasi.
Setelah menyadari arti pentingnya perubahan yang hendak di tempuh, barulah perubahan dilaksanakan. Dengan melaksanakan perubahan organisasi, berarti sikap dan tingkah laku para anggota terhadap organisasi yang selama ini mereka tunjukkan mengalami perubahan. Selam masa transisi ini berlangsung, organisasi berada pada kondisi kritis.
Tahapan berikutnya adalah mengembalikan organisasi kepada situasi yang normal kembali. Setelah perubahan dilaksanakan, berbagai aturan baru diberlakukan secara penuh, demikian juga anggota diharapkan bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan kondisi organisasi yang baru.
Hage dan Aiken menyebutkan bahwa proses perubahan terdiri atas empat langkah, yaitu (1) evaluasi, (2) inisiasi, (3) implementasi, (4) rutinitas. Sedangkan Lipham dalam sintesisnya, mengembangkan tujuh langkah proses pembaharuan, yakni: (1) kesadaran, (2) inisiasi, (3) implementasi, (4) rutinisasi, (5) perbaikan, (6) pembaharuan, (7) evaluasi (Rossow, 1990:310)
Proses Pengembangan Organisasi
Pengembangan Organisasi, lebih dikenal dengan organization development (OD). Pengertian pokok OD adalah perubahan yang terencana. Perubahan dalam bentuk pembaruan organisasi dan modernisasi, terus-menerus terjadi dan mempunyai pengaruh yang sangat dominan dalam masyarakat kini. Organisasi beserta warganya, yang membentuk masyarakat modern, mau tidak mau harus beradaptasi terhadap arus perubahan. Perubahan yang terjadi pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu:
1. Perkembangan teknologi
2. Perkembangan produk
3. Ledakan ilmu pengetahuan dan jasa yang mengakibatkan singkatnya daur hidup produk
4. Perubahan sosial yang mempengaruhi prilaku, gaya hidup, nilai-nilai dan harapan
orang.
Untuk dapat bertahan, organisasi harus mampu mengarahkan warganya agar dapat beradaptasi dengan baik dan bahkan agar mampu memanfaatkan dampak positif dari berbagai pembaharuan tersebut dengan pengembangan diri dan pengembangan organisasi. Proses mengarahkan warga organisasi dalam mengembangkan diri menghadapi perubahan inilah yang dikenal luas sebagai proses Organization development (OD).
Karena menyangkut perubahan sikap, persepsi, prilaku, dan harapan semua anggota organisasi, OD di definisikan sebagai upaya pimpinan yang terencana dalam meningkatkan efektivitas organisasi, dengan menggunakan cara intervensi (oleh pihak ketiga) yang didasarkan pada pendekatan perilaku manusia. Dengan kata lain penerapan OD dalam organisasi dilakukan dengan bantuan konsultan ahli, sistematis, harus didukung oleh pimpinan serta luas aplikasinya.
Organisasi merupakan bagian dari sistem sosial yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat itu sendiri memiliki sifat dinamis, selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Karakteristik masyarakat seperti itu menuntut organisasi yang juga memiliki sifat dinamis. Perubahan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari.
Ciri Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, Yang
memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang
dihadapi oleh organisasi.
2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan
yang akan terjadi.
3. Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh
organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian
terpenting.
5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya
interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai
bagian integral di suasana yang utuh.
6. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
Bila selama ini kita hanya mengenal pembelajaran pada tingkat individu dan kelompok, maka perkembangan manajemen telah mengenal pembelajaran organisasi (learning organization), yang secara sederhana dapat diartikan sebagai : organisasi yang secara terus menerus melakukan perubahan diri agar dapat mengelola pengetahuan lebih baik lagi, memanfaatkan tekhnologi, memberdayakan sumber daya, dan memperluas area belajarnya agar mampu bertahan di lingkungan yang selalu berubah.
Metode Yang Dipakai Dalam Perubahan Dan Pengembangan Organisasi
Metode Pengumpulan Data dalam Diagnosis Organisasi
Sebagai bahan dalam diagnosis organisasi diperlukan data mengenai organisasi yang bersangkutan. Proses pengumpulan data yang diperlukan dapat menggunakan metode:
1. Kuesioner.
2. Wawancara.
3. Pengamatan (observasi).
4. Data Sekunder.
Metode-metode tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan, karenanya dalam penggunaannya dapat dilakukan dengan cara penggabungan agar memberi manfaat yang maksimal.
Analisis Diagnosis Data
Proses analisis data dibedakan pada data kualitatif dan data kuantitatif. Metode yang biasa digunakan untuk menganalisis data kualitatif adalah:
1. Content analysis;
2. Force Field analysis;
3. Diagram.
Metode yang biasa digunakan untuk menganalisis data kuantitatif pada analisis diagnosis organisasi adalah: means, standard deviasi, distribusi frekuensi, diagram pencar (scattergram), koefisien korelasi, difference tests.
Penerapan Proses Perubahan
Perubahan yang dilakukan pada individu, kelompok, maupun organisasional, perlu adanya suatu keterampilan, pengetahuan, dan pelatihan paling sedikit dalam dua bidang, yaitu diagnosis dan penerapan perubahan.
Penerapan merupakan langkah lanjut dari tahap diagnosis organisasional, di mana pada tahap ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan:
1). bagaimana melakukan perubahan, baik dalam individu, kelompok, maupun organisasional. 2). bagaimana caranya agar orang-orang dapat menerima perubahan, dan 3). Apa saja yang mendukung dan menghambat perubahan.
Ada dua (2) alat analisis yang dapat dipergunakan dalam penerapan pertama, analisis medan faktor dan kedua, analisis daur perubahan. Analisis medan faktor, dikembangkan oleh Kurt Lewin yang bermanfaat untuk menguji variabel-variabel guna menentukan tingkat efektivitas suatu perubahan organisasional. Sedangkan analisis daur perubahan akan menganalisis empat tingkat perubahan organisasional, yang mencakup perubahan pengetahuan, perubahan sikap, perubahan perilaku organisasional, dan perubahan prestasi kelompok atau organisasional. Tingkat-tingkat perubahan tersebut menjadi sangat signifikan pada pengkajian daur perubahan parsipatif dan daur perubahan direktif.
Selanjutnya, salah satu pertimbangan yang paling penting dalam menentukan apakah akan menerapkan strategi perubahan partisipatif atau direktif atau kedua-duanya, adalah penggunaan pola komunikasi yang diterapkan pada organisasi atau kelompok yang dituju saat itu. Dalam menerapkan strategi perubahan, para manajer organisasi harus berusaha mencakup pengembangan pola komunikasi yang tepat ke dalam strategi perubahan organisasi. Sebelum melaksanakan strategi perubahan organisasi perlu pula dipertimbangkan struktur komunikasi yang diterapkan pada waktu itu. Bahwa strategi perubahan perlu disesuaikan dengan pola struktur komunikasi yang telah terbentuk sebelumnya.
Kesimpulan
Dari makalah yang telah dapat disimpulkan bahwa:
- Perubahan adalah kenyataan hidup, apabila manajer dalam suatu organisasi perusahaan ingin efektif, mereka tidak lagi dapat membiarkan perubahan itu terjadi sebagaimana adanya.
- Pengembangan organisasi (PO) sebagai suatu disiplin perubahan perencanaan yang menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk membantu organisasi-organisasi mencapai efektivitas yang lebih besar.
- Secara garis besar faktor penyebab terjadinya perubahan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1. Faktor ekstern, Adalah penyebab perubahan yang berasal dari luar, atau sering disebut lingkungan.
2. Faktor intern, Adalah penyebab perubahan yang berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat berasal dari berbagai sumber.
- Proses Penerapan OD dilakukan dalam 4 tahap :
1. Tahap pengamatan sistem manajemen atau tahap pengumpulan data.
2. Tahap diagnosis dan umpan balik.
3. Tahap pembaruan dalam organisasi.
4. Tahap implementasi pembaruan.
- Perubahan yang terjadi pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu:
1. Perkembangan teknologi
2. Perkembangan produk
3. Ledakan ilmu pengetahuan dan jasa yang mengakibatkan singkatnya daur hidup
produk
4. Perubahan sosial yang mempengaruhi prilaku, gaya hidup, nilai-nilai dan
harapan orang.
- Proses pengumpulan data yang diperlukan dapat menggunakan metode:
1. Kuesioner.
2. Wawancara.
3. Pengamatan (observasi).
4. Data Sekunder.
Referensi
www.freewebs.com/.../PEMBAHASAN%20PEMBAHARUAN%20ORGANISASI...
massofa.wordpress.com/2008/02/12/pengembangan-organisasi –
www.scribd.com/doc/19802890/Perubahan-Organisasi -

Kelas : 1 DB 01
Nama Kelompok:
Wawan Nurjuniawan 34109619
Adhitya 31109634
Imam Hasanudin 35109910
Ahmad Bayhaki 30109135
Sony Melosa 32109146

Sabtu, 22 Mei 2010

100 orang paling berpengaruh di dunia

Nabi Muhammad SAW menempati kedudukan nomor satu daftar manusia yang paling berpengaruh dalam panggung sejarah dunia, dihitung sampai sekarang.

Hal ini dinyatakan oleh Michael H. Hart, seorang ahli astronomi dan ahli sejarah terkenal di Amerika Serikat dalam bukunya "The 100" yang terbit baru-baru Amerika Serikat.

Menurut Michael Hart, Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling berpengaruh di antara milyaran penduduk dunia, karena ia adalah satu-satunya manusia yang berhasil secara luar biasa baik dalam kegiatan keagamaan maupun pemerintahan

Daftar nama 100 orang paling berpengaruh itu selengkapnya adalah :

1. Nabi Muhammad SAW 51. Umar bin Khatab
2. Isaac Newton 52. Asoka
3. Nabi Isa 53. Sam Augustine
4. Buddha 54. Max Planck
5. Confucius 55. John Calvin
6. Saint Paul 56. William Morton
7. Thai Lun 57. William Harvey
8. Johan Gutemberg 58. Antoine Becquerel
9. Christopher Columbus 59. Greger Mendel
10. Albert Einstein 60. Joseph Lister
11. Karl Marx 61. Nicholas August Otto
12. Louis Pasteur 62. Louis Daguerre
13. Galileo Galilei 63. Joseph Stalin
14. Aristoteles 64. Rene Descartes
15. V.I. Lenin 65. Julius Caesar
16. Nabi Musa 66. Francisco Pizarro
17. Charles Darwin 67. Hernando Cortes
18. Chin Huang Ti 68. Ratu Isabella I
19. Agustus Caesar 69. William the Congqueror
20. Mao Tse-tung 70. Thomas Jefferson
21. Genghis Khan 71. Jean Jacques Rousseau
22. Euclid 72. Edward Jenner
23. Martin Luther 73. Wilhelm Rontgen
24. Nicolas Copernicus 74. Johan Sebastian Bach
25. James Watt 75. Lau-tzu
26. Constantine the Great 76. Enrico Ferni
27. George Washington 77. Thomas Maltus
28. Michael Faraday 78. Francis Bacon
29. James Clerk Maxwell 79. Voltaire
30. Orville dan Wilbur Wright 80. John F. Kennedy
31. Antoine Laurent Lavoisier 81. Gregory Pincus
32. Sigmund Freud 82. Sui Wen Ti
33. lskandar Zulkarnaen 83. Mani (Manes)
34. Napoleon Bonaparte 84. Vasco da Gama
35. Adolf Hitler 85. Charlemagne
36. William Shakespeare 86. Cyrys the Great
37. Adam Smith 87. Leonard Euler
38. Thomas Edison 88. Nicollo Machiavelli
39. Anton van Leuwenhoek 89. Zoroaster
40. Plato 90. Menes
41. Gugleilmo Marconi 91. Peter the Great
42. Ludwig van Beethoven 92. Mencius
43, Werner Heisenberg 93. John Dalton
44. Alexander G Bell 94. Homer
45. Alexander Fleming 95. Ratu Elizabeth I
46. Simon Bolivar 96. Justinian I
47. Oliver Cromwell 97. Johannes Kepler
48. John Locke 98. Pablo Picasso
49. Michelangelo 99. Mahavira
50. Pans Urban II 100. Niels Bohr

sumber: http://www.google.co.id/search?hl=id&q=100+orang+paling+berpengaruh+di+dunia&aq=2&aqi=g10&aql=&o

10 Mobil Termahal di Dunia

Waah... lagi krisis keuangan, kok ‘nulis’ mobil termahal? Dalam kondisi krisis atau tidak, tetap saja sebagian besar penduduk dunia tidak bisa membeli mobil-mobil mahal tersebut. Mobil tersebut hanya dimiliki oleh segelitir orang sebagai simbol status. Sebanyak 10 mobil termahal ternyata sebagian besar adalah supercar atau super mobil sport. Hanya beberapa saja yang masuk kategori bukan sport, namun yang pasti masuk dalam kategori “ultra mewah”.

Kriteria 10 mobil termahal di sini adalah mobil yang diproduksi dan dihomologasi bisa dipakai di jalan raya. Harga ini sudah termasuk pajak. Sebagian besar adalah harga di pasar Amerika Serikat. Karena itulah dihitung dalam dollar Amerika Serikat. Beberapa mobil yang tidak dipasarkan di Amerika, dihitung berdasarkan harga yang ditawarkan produsen.

Kalau dikonversi ke rupiah, saat artikel ditulis, dikalikan Rp 13.000, mengikuti cara bisnis para pedagang komputer. Setelah dikonversi ke rupiah, Anda pun bisa berandai-andai. Misalnya, harga Bugatti Veyron sama dengan 1850 sepeda motor bebek seharga Rp 12 juta.
Nah, kalau kebetulan Anda melihat mobil tersebut melintas di jalanan Jakarta atau di mana saja di Indonesia, bisa memperkirakan harganya. Malah untuk Indonesia bisa lebih mahal lagi karena pajaknya sampai 200 persen, berdasarkan harga negara asal mobil.

1. Bugatti Veyron
Harga: 1.700.000 dollar AS
Rp 22.100.000.000

Mampu dikebut mencapai kecepatan tertinggi 407 km/jam. Diproduksi sejak September 2005. Aselerasi untuk 0–96 km/jam, Veyron butuh 2,5 detik.

Diproduksi oleh Bugatti Automobiles SAS, di bawah kelompok Volkswagen. Nama Veyron adalah penghormatan untuk pembalap Le Mans pada 1939, yang menggunakan Bugatti, yaitu Pierrre Veyron.

Mobil ini menggunakan W16, terdiri dari 16 silinder dan berkasitas 8,0 liter. Satu deret terdiri dari empat mesin. Menurut VW, tenaga yang dihasilkan mobil ini 1006-1026 PS. Namun, di iklannya, di Eropa dan Amerika tertulis "1001 PS".
2. Ferrari Enzo
Harga: 1.000.000 dollar AS
Rp 13.000.000.000

Juga disebut F60, bermesin 12 silinder berkapasitas 6,0 liter. Nama Enzo diberikan sesuai dengan pendiri Ferrari, yaitu Enzo Ferrari. Diproduksi pada 2003 dengan menggunakan teknologi Formula 1, seperti bodi dari serat karbon, transmisi dengan pergantian gigi secara berurutan (sequential) seperti F1, dan rem dari karbon-keramik.

Mobil ini menggunakan teknologi yang dilarang di F1, yaitu aerodinamakia aktif. Pada kecepatan 301 km/jam, spoiler belakang diaktifkan oleh komputer sehingga “down force” atau daya tekan mobil ke permukaan bertambah dari 775 kg.

Informasi terakhir, Ferrari mempersiapkan pengganti Enzo. Harganya pun tidak tanggung-tanggung, diperkirakan 1,8 juta dollar AS.
3. Pagani Zonda C12
Harga: 741.000 dollar AS
(Rp 6.123.000.000)

Namanya kurang begitu akrab di Tanah Air. Sebaliknya di Eropa, Pagani asal italia ini cukup dikenal. Model yang termahal dari Pagani adalah Zonda C12F yang diperkenalkan kepada publik pada Geneve Motor Show 2005.

Menggunakan mesin 7,3 liter, V-12. Tenaga dihasilkan mencapai 602 PS, dan untuk clubsport mencapai 650PS. Klaim Pagani: akselerasi 0–96 km/jam dicapai dalam waktu 3,2 detik dengan kcepatan tertinggi 374 km/jam.
4. Shelby SSC Ultimate Aero
Harga: 654.440 dollar AS
(Rp 8.507.720.000)

SSC Ultimate adalah mobil tercepat saat ini. Akselerasi 0–60 km/jam dicapai dalam waktu 2,7 detik. Kecepatan tertinggi 412 km/jam. Hanya dibuat 25 unit. Shelby SCC adalah supercar kebanggaan Amerika Serikat yang dibuat di Tri Cities, Washington. Mesinnya berkapasitas 6.345 liter, V-8 1183 bhp @6950 rpm, menggunakan turbo dan intercooler ganda.

Kecepatan tertinggi yang dicapai SSC Ultimate Aero memperoleh sertifikat dari Guiness World Records. Catatan kecepatan tertinggi dicapai pada 13 September 2007 di jalan tol 221, Washington. Amerika Serikat.

Mall-Mall Terbaik diseluruh Dunia

Mall-Mall Terbaik diseluruh Dunia

Jalan-jalan ke mall bersama kerabat selalu jadi momen yang menggembirakan. Apalagi, mall identik dengan ragam hal untuk ditawarkan, yang pastinya menarik mata sekaligus menarik hati.

Akan tetapi, kalau anda merasakan bosan dengan mall-mall yang tersedia di kota-kota besar Indonesia, tidak menutup kemunginkinan kalau anda mencoba 'sensasi' mall-mall terbaik di seluruh dunia.

Desain mall maupun kualitas produk yang ada, juga turut mempengaruhi pamor mall tersebut.

Dan kini, ada 10 mall yang boleh dibilang memiliki kualitas jempol menurut Forbes yang telah dirangkum dalam 'mall terbaik diseluruh dunia' yang layak anda coba.

Syaratnya cukup punya uang lebih dan banyak waktu, dijamin anda akan terpuaskan oleh mall-mall berikut ini. (Suweiming/Ezz)

a. MOI (INDONESIA)



Mall of Indonesia (disebut juga MOI) adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di area Kelapa Gading Square, berada di jalan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Letak mall ini berdekatan dengan Kelapa Gading Trade Center atau KTC yang berada persis di depan area Kelapa Gading Square. Mal ini dibangun oleh Agung Sedayu Group. Anchor yang sudah bergabung antara lain Carrefour, Centro Department Store, dan Blitzmegaplex.

Pembangunan mal ini dimulai pada tahun 2003 dan direncanakan selesai pada tahun 2006, namun baru terealisasi pada tahun 2008, tepatnya pada September 2008. Sebelumnya telah hadir supermarket Carrefour pada tahun 2006 kemudian menyusul Blitz Megaplex yang membuka cabang ketiganya di Jakarta dan satu-satunya Blitzmegaplex yang ada di area Kelapa Gading. Centro Department Store dibuka pada tanggal 5 September 2008 melengkapi anchor-anchor yang telah hadir. Anchor-anchor baru yang akan hadir antara lain Moiland dan Fun World

1. Melbourne's GPO, Australia



Lebih dari seabad, bangunan bergaya Renaissance ini dulunya merupakan kantor pos. Namun, setelah terjadi kebakaran hebat tahun 2001 lalu, GPO dibuka kembali menjadi mall, sebagai wadah penjualan produk-produk lokal, seperti toko khusus busana wanita milik Wayne Cooper, produk-produk bikini Zimmermann dan busana hasil karya Leona Edmiston. Informasi lengkapnya, klik www.melbournesgpo.com

2.Tokyo Midtown, Jepang



Paduan mempesona antara desain, seni, fashion, kemewahan, dan bisnis bergandengan secara harmonis di tempat ini. Mall yang terdiri dari 6 gedung ini mencakup toko-toko, dengan produk-produk yang cukup punya nama seperti Chloe, Harry Winston, dan Issey Miyake. Ragam menu ditawarkan melalui berbagai restoran yang ada, mulai dari menu Jepang, aneka steak, hingga menu Perancis. Informasi lengkapnya, klik www.tokyo-midtown.com

3.The Galleria, Texas



Lebih dari 24 juta pengunjung memadati mall yang satu ini tiap tahunnya. The Galleria adalah salah satu spot pemikat turis terbesar di Houston, Texas. Mall ini terdiri dari 375 toko mulai dari yang punya nama besar seperti Valentino, hingga yang sedang-sedang seperti Tory Burch. Selain itu, dalam mall ini terdapat lapangan es, dua hotel, dan restoran-restoran mulai dari yang biasa hingga yang berskala internasional. Informasi lengkapnya, klik www.galleriahouston.com

4.Wafi, Dubai



Mall yang satu ini terkenal dengan kemewahan dekorasinya yang mengambil tema Mesir kuno. Toko- toko busana Arab seperti Eve N Black berdiri berjajaran dengan toko-toko produk Eropa seperti Missoni dan Chanel. Mall ini mencakup 30 restoran, termasuk Noble House yang menghidangkan masakan China modern dan Seville's yang menyuguhkan menu khas Spanyol. Informasi lengkapnya, klik www.wafi.com

5.Via Bellagio, Las Vegas



Jika seandainya Las Vegas adalah sebuah mall raksasa, maka Bellagio adalah salah satu spot mewahnya yang harus dikunjungi. Koleksi produk lengkap berjubel di sini, mulai dari koleksi Prada, Hermes, hingga Fred Leighton. Tidak hanya lengkap, namun semua ukuran dipastikan ada dalam stok mereka, sehingga Anda dijamin dapat berbelanja dengan puas. Informasi lengkapnya, klik www.bellagio.com

6.Villagio Mall, Qatar



Mall menakjubkan ini memiliki lukisan dengan gambar langit pada langit-langit gedungnya. Mall yang diperindah dengan lapisan marmer putih ini membuat para pengunjungnya merasa seolah-olah seperti berada dalam tempat pembuatan adegan-adegan film. Lebih dari 200 toko ada di sini, termasuk toko Dolce and Gabanna, Banana Republic, dan Ralph Lauren. Informasi lengkapnya, klik www.qatarvisitor.com

7.Roppongi Hills, Jepang



Satu lagi mall yang ada di negeri bunga sakura Jepang. Mall yang memiliki kompleks lokasi yang sama dengan Museum Mori Art ini mencakup aneka butik seperti Ann Sui, Christian Lacroix, dan Escada. Mall ini juga memiliki keunggulan tersendiri karena mencakup restoran-restoran yang cukup diakui, salah satunya seperti L'Atelier milik Joel Robuchon. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga dilengkapi dengan salon, gym (sanggar olah raga), pusat perawatan anak, dan spa. Informasi lengkapnya, klik www.roppongihills.com

8.Toko-Toko di Columbus Circle, New York



Mall yang berlokasi di Time Warner Center ini mungkin tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan mall lain di New York. Namun, tempat ini merupakan perpaduan yang cakap antara toko-toko dagang kelas tinggi dan beberapa restoran berkelas. Ada juga spot-spot mewah seperti Wolford, Williams Sonoma yang menjual aneka peralatan dapur serta restoran sushi, Masa. Informasi lengkapnya, klik www.shopsatcolumbuscircle.com

9.Mall Dubai, Dubai



Walau mall ini belum dibuka, namun tempat ini sudah berhasil memikat perhatian banyak kalangan masyarakat setempat bila dibanding dengan mall-mall di Dubai lainnya. Mall ini juga mendapat kehormatan karena dipercaya sebagai spot pertama bagi keberadaan Galleries Lafayette di wilayah Timur Tengah. Toko-toko fashion Perancis pun tak ketinggalan ikut mengangkat pamor mall yang rencananya akan dibuka saat musim gugur tiba. Informasi lengkapnya, klik www.thedubaimall.com

10.Ngee Ann City, Singapura



Lokasi mall ini bertetangga dengan Takashimaya, sebuah mall Jepang yang menjual produk-produk modern para desainer kota seperti Yeohlee. Berbeda dengan Takashimaya, Ngee Ann City menyediakan aneka produk bagi pecinta Christian Dior and Fendi, serta Chopard, Van Cleef and Arpels, dan Stuart Weitzman. Ada juga 15 butik kosmetik dengan beragam merk, seperti Molton Brown dan M.A.C.

source : http://www.rileks.com/hot-rileks/248...ruh-dunia.html

10 restoran terunik di dunia

1. Cannibalistic Restaurant ( Japan )

“Nyotaimori” yang artinya female body plate adalah salah satu nama restaurant di Jepang yang menyajikan sushi dah sashimi di tubuh mayat wanita. Tubuh mayat ini terbuat dari makanan dan diletakkan di meja operasi seperti di rumah sakit. Pengunjung bisa memakan bagian tubuh mana saja. Tubuh yang dipotong akan mengeluarkan darah, persis seperti potongan tubuh manusia.

2. Toilet Restaurant ( Taiwan )

Marton Theme Restaurant, di Kaohsiung ( Taiwan ) menyediakan nuansa toilet bagi pelanggannya. Dekorasi ruangan, kursi dan tempat makan yang digunakan persis seperti di toilet. Meja dibuat seperti bathtub, dan makanan yang disediakan diletakkan di piring dan mangkuk yang di design seperti toilet duduk. Makanan yang disajikan di sini tidak hanya enak, tapi juga memberikan sensasi sendiri bagi pengunjungnya.

3. Restaurant in the Sky ( Belgium )

Dinner in the Sky adalah salah satu restoran di Brussels yang menyediakan tempat makan untuk 22 orang. Tentu saja di ketinggian 150 kaki !!! Tempat makan di design khusus untuk bisa diangkat menggunakan crane. Pengunjung bebas menentukan lokasi ketinggian yang diminati, asal jangan sampai menjatuhkan garpu dan pisau

4. Dark Restaurant ( China )

Restaurant kegelapan terletak di Beijing, China. Semua design restaurant benar-benar berwarna hitam. Pengunjung yang datang akan di antar oleh pelayan yang sudah dilengkapi dengan teropong malam ke meja makan. Senter, HP, arloji dilarang di area ini. Karena tidak bisa melihat makanan yang disantap, pengunjung benar-benar measakan makanan yang tidak pernah dimakan sebelumnya di restaurant ini ( hey.. guys, kalo ternyata makanannya aneh2… kita gak bisa liat lho.. )

5. Restaurant Kuburan ( India )

Restaurant yang terletak di Ahmadabad India ini terkenal dengan menu teh susu, roti gulung dan kuburan di antara meja. Pemilik restaurant mengaku telah membuka restaurant ini turun temurun selama 4 dekade, tapi tidak tahu siapa jenazah yang terkubur di bawah kuburan ini ( weks.. )

6. Restaurant di Penjara ( Italy )

Restaurant ini terletak di tempang yang paling-paling aman, yaitu penjara Fortezza Medicea di Italy. Dekorasi restoran ini adalah penjara tempat pembunuhan yang dilengkapi dengan tembok setinggi 60 kaki, menara pengawas, security kemera yang telah beroperasi selama 500 tahun. Selain itu, tempat ini dilengkapi juga dengan penjaga penjara dengan senjata lengkap.

7. Restaurant Robot ( China )

Kenapa dinamakan robot ? karena restaurant ini buka sepanjang hari selama 21 jam tanpa mengenal lelah. Pengelola restaurant juga sekilas terlihat sama, namun ini adalah pasangan suami istri kembar identik ! Orang-orang sekitar menyebutnya ” robot couple restaurant ” karena mereka melihat orang yang sama bekerja seperti robot dalam menjalankan restoran dari jam 5 pagi sampai jam 3 dini hari. Makanya dinamakan robot.

8. Restaurant bawah laut ( Maldives )

Restaurant bawah laut pertama diperkenalkan di Hilton Maldives Resort & Spa, April 2007. Restaurant bernama Ithaa ( baca eet-ha ) artinya Pearl dalam bahasa Maldives, Dhivehi, berada 5 meter di bawah Samudra Hindia yang dikelilingi oleh coral dan panorama bawah laut. Ini adalah restaurant pertama untuk ketagori bawah laut.

9. Condom Restaurant ( Thailand )

Cabbages dan Condoms adalah nama restaurant di Thailand. Ada banyak kondom di dinding2 dan lukisan kondom di karpet. Setelah makan, pengunjung akan diberi kondom di meja kasir. Keuntungan dari restaurant ini digunakan untuk mendukung yayasan Population and Community Development Association ( PDA ).

10. Medical Restaurant ( Taipei )

D.S Music Restaurant di Taipei, Taiwan adalah restaurant dengan nuansa media. Dekorasi ruangan seperti rumah sakit, pelayanannya berpakaian seperti perawat, dan botol minumnya juga dikemas dalam botol infus.

sumber: http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=35012&pagenumber=

Model Baru Yamaha Siap Masuk Indonesia

JAKARTA, SELASA – PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) punya banyak peluru baru buat menembak kompetitornya di pasar sepedamotor di Indonesia. Bahkan stok yang dipunyai cukup banyak dengan berbagai model. Ada jenis bebek dan juga model sport.

Bocorannya, waktu dekat ini Yamaha meluncurkan Vega ZR, bebek berkapasitas 113,2 cc. Tanggal pastinya, konon masih mengintip tetangganya, Honda yang juga siap melaunching bebek 110 cc. Trus, tahun depannya, pabrikan berlambang garputala itu menampilkan Jupiter Z.

Hanya itu saja! Tidak, YMKI punya YZF-R250 yang di Eropa sudah meluncur. Kompetitornya, Suzuki GSX-250 dan Kawasaki Ninja 250. Bodi YZF-R250 mirip dengan YZF-R125 yang sudah beredar duluan, hanya pakai mesin 250 cc saja. Konon, motor sport Yamaha ini hadir pada 2010 atau paling cepat 2009 dan sudah menganut 2 silinder.

Selain itu, Yamaha masih ada V-ixion yang di India bernama Yamaha R15 dan sudah beredar duluan. Bedanya, V-ixion sudah memakai fairing. Gosipnya, Yamaha R15 ini ada kemungkinan bakal meramaikan pasar tanah air dan YMKI masih memantau animo masyarakat Indonesia.

Peluru anyar Yamaha lainnya adalah X1R yang di Thailand sudah lama dilaunching. Mesinnya seperti Yupiter MX135LC dan lampu depan model Nouvo-Z dengan setang telanjang. Bebek ini masih disimpan YMKI dan tunggu momen yang tepat. Hasrat untuk cepat-cepat memasarkan X1R tidak tampak lantaran pihak Yamaha sedikit ragu dengan modelnya.

Terakhir, MX berteknologi injeksi.Kabarnya, bebek ini akan meramaikan pasar tanah air setelah lebih dulu Vega ZR dan new Jupiter Z. Bahkan sebelumnya, akan muncul dulu versi face lift dulu. Tentu dengan penyempurnaan di sektor mesin. MX injeksi ini paling cepat 2009. (Tim Motor Plus)

Model Baru Yamaha Siap Masuk Indonesia




sumber: http://otomotif.kompas.com/read/2008/07/29/08133760/Model.Baru.Yamaha.Siap.Masuk.Indonesia

Sejarah Sepeda Motor yamaha di jepang

sory klo sudah ada yg post seperti ini...

Sejarah Sepeda Motor
Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia pun lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia.
Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.
Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam.
Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.
Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).



Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).



Sepeda motor inilah yang dimiliki oleh John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie).


karena banyak yg mnanyakan Honda ma Harley Davidson...
saya kasih tambahan...
jadi bisa bandingin yg mana yg pertama mnciptakan Sepeda motor...

Spoiler for Harley Davidson
SEJARAH Harley Davidson sebenarnya dimulai dari niat William Harley dan Arthur Davidson meneruskan ide para pendahulunya, mulai Sylvester Howard Roper sampai Gottlieb Daimler. ''Tujuannya pun sangat sederhana: supaya bisa melahap tanjakan yang ada di daerah Milwaukee, Wisconsin,'' kata William dan Arthur.

Bandingkan ini dengan keinginan Roper dan Daimler. Roper mengembangkan motor pertama kali pada 1868. Motor ini menggunakan mesin uap. Walau ciptaan Roper tak mendapat sambutan luas, sejumlah idenya, seperti pedal gas di tangan, banyak diadopsi motor masa depan. Selain mesin bertenaga uap, Roper juga menciptakan mesin dua silinder bertenaga arang.

Sementara Gottlieb Daimler dianggap sebagai orang pertama yang benar-benar menciptakan motor pada 1885. Namun, belakangan, Daimler lebih intens berkutat di kendaraan roda empat. Ia dikenal karena persekutuannya dengan Karl Benz membentuk Daimler-Benz Corporation, produsen mobil Mercedes-Benz.

Ketika Harley dan Davidson memulai usahanya, sejumlah terobosan penting lain juga sedang berlangsung. Henry Ford sedang bereksperimen menciptakan mobil pertama. Keluarga Wright juga sedang asyik dengan konsep pesawat terbang. Seperti kita tahu, Ford dan Wright akhirnya sukses. Ford dengan mobil model T-nya, dan Wright dengan rintisan awal pengembangan pesawat udara.

Di sisi lain, Harley dan Davidson berhasil menciptakan ikon penting dalam sejarah kendaraan roda dua. Terobosan paling pentingnya adalah mesin berkonfigurasi V, yang kemudian juga dikenal dengan Knucklehead, Panhead, Shovelhead, Evolution, sampai Twin Cam. Mesin ini belakangan menjadi acuan bagi perusahaan lain, khususnya dari Jepang, dalam membuat motor besar.
HARLEY dan Davidson memulai perjalanan panjang ini pada 1903, ketika usia mereka masih di awal 20-an. Hasil perdana utak-atik dua anak muda ini adalah mesin satu silinder dengan kapasitas 60 cc. Bisa jalan dan berhasil melahap tanjakan dengan gampang. Belakangan, karena sukses ini, dua saudara Arthur, Walter dan William Davidson, ikut bergabung.

Dua tahun kemudian, mereka sepakat melembagakan usahanya itu ke dalam Harley-Davidson Motorcycles Co. Ketika berdiri, perusahaan itu baru memproduksi tiga unit motor. Ketiga motor itu dihasilkan dari ''pabrik'' di halaman rumah milik keluarga Davidson. Yang disebut pabrik itu adalah gubuk kecil di belakang rumah keluarga Davidson.

sumber


Spoiler for Honda
Honda Sō'ichirō, 17 November 1906–5 Agustus 1991) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.

Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah - tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya - dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).

Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Rekayasa mesin Honda yang sangat baik dan pemasaran yang pintar membuat Honda berhasil melebihi penjualan sepeda motor Triumph dan Harley-Davidson di pasaran lokal mereka masing-masing.

Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai "penasehat tertinggi" pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.



sumber


dari kawan yang baik tentang YAMAHA
Quote:
Original Posted By eenanakajaib
nambahin nih bos buat sejarah YAMAHA secara singkat aja

Torakusu Yamaha (nama orang) dia adalah pembuat jam dan suka akan musik...Dia lah yang menciptakan Organ pertama di Jepang pada tahun 1887.Menjelang Perang dunia ke 2, Torakusu Yamaha mendapat pesananuntuk membuat propeler (baling2 pesawat tempur jepang).Memang pada perang dunia ke 2, semua home industri dimanfaatkanuntuk memproduksi alat perang apapun.

Karena keterlibatanya ini maka pabrik Torakusu Yamaha jadi sasaranBom tentara AS dan sekutunya....(hancur lebur berantakan).Setelah perang berakhir, maka Torakusu Yamaha kembali membangunpabrik pembuat alat musik tahun 1955 dibawah benderaNIPPON GAKKI di daerah Hamamatsu..Memang Hamamatsu ini adalah pusat sepeda motor di Jepang,dan entah kenapa Suzuki dan Honda pun beasal dari sini.

Atas pengetahuanya tentang permesinan pada pesawat tempur(karena membuat propeler), maka pengetahuan ini diaplikasikanuntuk membuat sepeda motor.Sepeda motor pertama yang dibuat YA 1 ,huruf kanji ini artinya AKA TOMBO

Spoiler for sumber
http://otomotif.infogue.com/sejarah_motor_yamaha

Kekuatan Magis dalam Gerak Tarian Aceh; Saman

Zaman sekarang bisa dikatakan tidak ada orang yang tidak mengenal tari Saman. Hampir semua orang mengenalnya baik yang berada didalam maupun di luar negeri. Dalam setiap penampilannya tari Saman sungguh memukau. Dari awal hingga akhir pertunjukan tarian ini selalu menghadirkan suasana magis baik bagi penari maupun penontonnya.

Saya akan coba membawa anda semua masuk kedalam babak demi babak dalam tari saman. Pada awal pertunjukan tarian saman di mulai dengan persalaman. Persalaman ini terdiri dari rengum dan salam. Rengum adalah suara bergumam dari seluruh penari. Walau tak terdengar jelas tetapi sebenarnya mereka memuji dan membesarkan nama Allah SWT dengan lafaz;

Hmm laila la ho
Hmm laila la ho
Hmm tiada Tuhan selain Allah
Hmm tiada Tuhan selain Allah

Bila anda menyaksikan pementasan tarian Saman ini, anda akan terdiam seketika saat mendengar gumaman para penari dan ikut larut bersama emosi para penarinya. Rengum ini diucapkan dengan suara rendah namun menggema. Menggetarkan panggung dan jiwa-jiwa penari dan penontonnya. Bagi yang pernah menonton pertunjukan Saman tentu tahu maksud saya. Suasana hening langsung tercipta saat itu. Penonton diajak untuk ikut hikmat dalam mentauhidkan Tuhan.

Gerak tarinya sendiri masih sangat terbatas dan sederhana. Kepala tertunduk dan tangan bersikap sembah. Regum menunjukan penyerahan diri kepada Allah SWT, juga berperan menyamakan vokal dan konsentrasi. Setelah tercipta suasana khidmat lalu dilanjutkan dengan persalaman. Ucapan salam ditujukan kepada penonton dan berbagai pihak dengan ucapan Assalamualaikum. lalu meminta izin untuk bermain Saman (adab dan etika).

Setelah persalaman barulah dilanjutkan dengan Ulu Ni Lagu. Secara harfiah ulu ni lagu berarti kepala lagu. Namun disini lebih berarti ragam-ragam gerak tari. Dalam babakan ulu ni lagu ini gerakan telah bervariasi, kesenyawaan antara gerak tangan, tepuk didada – gerakan badan dan kepala. Namun gerakan masih lamban. Suasana khidmat masih terasa disini. Bagian ini seperti pemanasan sebelum kita diajak dalam ekstase gerak cepat Saman lainnya. Lalu yang disebut sebagai syekh dengan suara melengking akan memberkan aba-aba pada saat akhir gerak ulu ni lagu yang menandakan akan segera berganti gerak dan memasuki ritme cepat dengan ucapan syair:

Inget-inget pongku – male i guncang
Ingat -ingat teman akan diguncang

Masuklah kita pada babak lagu-lagu. Babak ini adalah puncak gerakan tari saman. Para penari dituntut konsentrasi optimal dan stamina yang prima. Selain harus bergerak cepat babak ini juga diselingi dengan vokal bersama (derek). Gerakan yang utuh tampak pada kecepatan gerak tangan yang menghentak dada, paha maupun tepukan, gerakan badan keatas-kebawah secara serentak maupun bersilang, badan miring kekiri – ke kanan kiri serentak maupun bersilang (singkeh kuwen), gerakan kepala mengangguk cepat maupun kepala berputar dibawah (girik), maupun petikan jari. Diselingi gerakan lambat yang diawali ucapan syair dari syekh.

Demikian gerakan ini berulang-ulang antara cepat dan lambat, dengan iringan beberapa lagu. Selain penari yang terbawa dalam ekstase gerakan cepat dan kedinamisannya, para penontonpun ikut menahan nafas mengikuti pergantian gerak dan naik-turunnya ritme tarian. Bagai tersihir dalam gerak indah itu. Saya yakin saat anda menyaksikan babak ini anda tak ingin mengedipkan mata sedikitpun. Karena kecepatan dan keseragaman yang memukau itulah yang menarik anda seakan ikut dalam irama penari yang bergerak serentak.

Lalu anda diajak mengendorkan ketegangan dan mengembalikan pernafasan dalam babak Uak Ni Kemuh yang berarti secara harfiah obatnya gerak. Diiringi nyanyian sederhana dan nada rendah tidak memaksa. Apabila kondisi penari telah pulih, dimulai gerak cepat yang diawali aba-aba oleh syekh dengan ragam gerak yang lain. Pada saat gerak menggebu-gebu puncak, iringan vokal berhenti hanya terlihat gerak saja. Disini tak ada suara selain suara memukul, menghentakkan dada, tepuk tangan, meghentak paha yang di tarikan secara cepat. Anda dapat bayangkan suasana yang tercipta saat itu. Gerak cepat tanpa vokal inilah yang kemudian bagai menciptakan suasana magis bagi penari dan penontonnya.

Barulah setelah itu anda akan kembali menyaksikan gerak sederhana sebagai penutup dalam tarian saman. Dalam babak ini yang dipentingkan adalah syair, ungkapan kata, kata perpisahan, permintaan maaf kepada penonton dan pihak-pihak tertentu.

Setelah menyaksikan tari saman secara keseluruhan anda akan mendapat kesan yang mendalam terhadap tarian ini. Bisa karena kecepatan dalam membawakannya atau suasana magis yang anda rasa saat mengikuti setiap gerak dan ritme tariannya. Namun apa yang saya gambarkan masih jauh dari keindahan tari saman itu sendiri. Akhir kata saya mengucapkan “Selamat menikmati Kekuatan Magis dalam Gerak Tarian Aceh, Tari Saman”

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4026382

Rabu, 19 Mei 2010

Krisis Yunani dan "Logika Century"

Krisis Yunani dan "Logika Century"

Yunani adalah sebuah negara dengan kekuatan ekonomi kecil di Eropa bagian selatan. Produk domestik brutonya ”hanya” 350 miliar dollar AS, yang dalam peta dunia berada di peringkat ke-27. Indonesia dengan produk domestik bruto sekitar 600 miliar dollar AS menduduki peringkat ke-16.

Kalau memakai logika yang digunakan Panitia Khusus (Pansus) DPR dalam kasus Bank Century, krisis ekonomi Yunani tidak perlu ditalangi. Alasannya, perekonomian Yunani kecil, tidak berpotensi menyebabkan kehancuran ekonomi negara Eropa lainnya. Tidak berisiko sistemik.

Semula memang demikian. Negara-negara Eropa awalnya tidak berhasil menyepakati, apakah Yunani perlu ditalangi. Pada 2 Mei 2010, negara-negara pengguna euro dan Dana Moneter Internasional (IMF) menyepakati talangan 110 miliar euro, atau setara 145 miliar dollar AS.

Namun, jumlah ini dinilai jauh dari cukup. Utang Pemerintah Yunani 406 miliar dollar AS, atau setara 115 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Mana cukup dana talangan 145 miliar dollar AS untuk mengatasi krisis utang ini? Pada Minggu (9/5), dana talangan dinaikkan menjadi 750 miliar euro (1 triliun dollar AS).

Cukupkah jumlah ini? Belum tahu, tetapi setidaknya bisa mengurangi kekhawatiran menularnya krisis Yunani ke seluruh Eropa. Mengapa negara-negara Eropa begitu waswas terhadap Yunani? Bukankah Yunani negara kecil di bagian selatan, yang ukuran perekonomiannya ”hanya” sekaliber Portugal, dan bukan negara utama Eropa seperti Jerman, Perancis, Inggris, dan Italia?

Tidakkah mereka menggunakan ”logika Century”, krisis ekonomi di negara kecil tidak akan merembet ke negara-negara lain, apalagi negara-negara besar?

Negara yang perekonomiannya terkuat di Eropa adalah Jerman (4 triliun dollar AS), disusul Inggris dan Perancis (masing-masing 3 triliun dollar AS), serta Italia (2,5 triliun dollar AS). Ukuran ekonomi Yunani kurang dari sepersepuluh Jerman. Adapun PDB gabungan semua negara pengguna euro adalah 14 triliun dollar AS. Berarti, size ekonomi Yunani hanya 2,5 persen terhadap PDB total negara-negara euro. Namun, faktanya, krisis Yunani menyebabkan kepanikan dan memaksa negara-negara euro dan IMF turun tangan lebih serius. Mengapa?

Jawabannya sederhana. Sama dengan Yunani, perekonomian Eropa sekarang menghadapi utang luar negeri yang besar. Sesudah krisis global membesar sejak bangkrutnya Lehman Brothers di New York, 15 September 2008, praktis semua negara besar, terutama AS dan negara-negara Eropa, menjalankan program penalangan dan stimulus fiskal. Ini dilakukan karena kebijakan moneter berupa penurunan suku bunga kurang efektif dilakukan saat perekonomian tercekam krisis.

Suku bunga rendah tidak serta-merta dapat mendorong pertumbuhan konsumsi dan investasi, karena konsumen dan investor masih dicekam pelemahan kepercayaan. Dalam situasi ini, kebijakan moneter cenderung kurang efektif, dan pemerintah harus mengambil alih tanggung jawab dengan mendorong sisi fiskal.

Itulah sebabnya, AS dan Eropa memompa perekonomian domestiknya melalui kenaikan belanja pemerintah, yang menaikkan defisit anggaran. Defisit fiskal AS tahun ini bahkan sampai 1,6 triliun dollar AS. Utang Pemerintah AS kini 12 triliun dollar AS, terbesar di dunia. Rasio utang Pemerintah AS terhadap PDB kini 84 persen, sedangkan rasio negara-negara pengguna euro rata-rata 80 persen. Rasio tertinggi, yang berarti terburuk, dialami Yunani dengan 115 persen. Defisit anggaran Yunani juga sangat tinggi, yakni 13,6 persen terhadap PDB.

Ini tidak lazim karena konsensus ekonom dunia bagi negara berkembang adalah defisit 2 persen, dan untuk negara industri bisa ditoleransi hingga 4-5 persen. Dalam situasi darurat seperti sekarang, defisit anggaran AS mencapai 10 persen. Sangat besar, tetapi tetap di bawah Yunani.

Problem lain adalah neraca perdagangan. Ekspor Yunani 2009 cuma 19 miliar dollar AS, impornya 62 miliar dollar AS. Ekspor ataupun impor dilakukan dengan negara-negara Eropa. Defisit perdagangan 43 miliar dollar AS ini sangat besar. Itu sebabnya, cadangan devisa Yunani cuma 4 miliar dollar AS. Bandingkan dengan Indonesia yang menuai surplus perdagangan 22 miliar dollar AS (2009) dan cadangan devisa 77 miliar dollar AS (akhir April 2010).

Mengapa Eropa dan IMF perlu menyelamatkan Yunani? Jika mereka tidak menyediakan dana talangan, maka imbal hasil obligasi yang diterbitkan Yunani akan terus meningkat. Ini akan menular ke negara-negara lain. Pemerintah Eropa dan AS akan kesulitan menerbitkan obligasi, yang jadi sumber utama pembiayaan anggaran.

Dengan kata lain, krisis ekonomi akan ditularkan Yunani ke negara-negara lain yang sesungguhnya belum pulih dari krisis. Negara-negara Eropa tidak boleh membiarkan Yunani bangkrut. Meski besaran krisis Yunani tidak besar, efek penularan melalui transmisi sektor finansial (penerbitan obligasi pemerintah) serta tekanan psikologis akibat tekanan fiskal di banyak negara tidak boleh dipandang enteng.

Sayang, pelajaran dari Yunani kita peroleh sesudah hiruk-pikuk kasus Century mereda. Padahal, kasus Yunani bisa memudahkan pemahaman DPR dan masyarakat bahwa janganlah keputusan menalangi Century hanya didasarkan pada besar-kecilnya ukuran sebuah bank. Bank sekecil Century (aset saat krisis Rp 14 triliun) bisa saja menularkan kepanikan di sektor finansial (bukan di sektor riil) tatkala kondisi sektor finansial sedang terhuyung-huyung. Sebaliknya, menutup Century tidak berisiko sistemik jika fundamental sektor finansial dan perekonomian makro sedang kokoh.

Apakah krisis Yunani akan menyebar dan berdampak terhadap perekonomian Indonesia? Rasanya tidak. Krisis subprime mortgage di AS saja tidak berdampak besar pada Indonesia, hanya menurunkan pertumbuhan ekonomi dari 6,1 persen (2008) menjadi 4,5 persen (2009). Apalagi krisis Yunani sudah mendapat perhatian serius dari negara-negara besar dan dijadikan ”musuh bersama”.

Namun, bukan berarti kita boleh mengendurkan kewaspadaan karena konon Portugal juga akan segera menyusul menjadi ”pasien” berikutnya.

A Tony Prasetiantono Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM

Sumber Kompas

Baju Manchester United buat musim 2010/2011

When pictures leaked of Man Utd’s new kits yesterday many people questioned the authenticity of the pictures, well here at The Busby Way we can confirm they are in fact the kit’s we will be wearing next season.

In the pictures leaked yesterday we only saw the tops but we can now bring you also the shorts and the socks for both kits thanks to a reader known as ‘Peasoup’s Mate’. As you can see the picture is taken inside Old Trafford and should now end all questions of authenticity.

I would like to thank Peasoup’s mate for sending me these exclusive pictures.

Algo

f(1) = 1
f(2) = 2
f(3) = 3
f(x) = f(x-1) + f(x-2) + f(x-3) untuk x>3
Berapakah nilai 4 digit terakhir dari f(1,000,000,000,000,007) ?
(tantangan dari soal ini adalah bagaimana kita menghitung nilai secara cepat).

Soal ini membutuhkan teknik perkalian matriks, teori modular aritmatika dan cara cepat memangkatkan bilangan.

Coba perhatikan matriks berikut:

A = [1 2 3] (isinya dari f(1), f(2) dan f(3))

B = 0 0 1
1 0 1
0 1 1

Coba kalikan A dengan B maka kita akan dapatkan

[2 3 6]

kalikan lagi dengan B maka kita akan dapatkan

[3 6 11]

kalau diperhatikan setiap elemen dalam matriks tersebut akan bergeser dan elemen terakhir akan digantikan dengan nilai penjumlahan 3 elemen sebelumnya.

Nah dari situ kita bisa mengambil kesimpulan bahwa jika ingin mendapatkan nilai f(X) kita harus melakukan perkalian matriks sebanyak X-3 kali untuk mendapatkan hasil di element terakhir.
Contoh:
Mau tau nilai f(4) berarti matriks A dikalikan 1x dengan B
Mau tau nilai f(5) berarti matriks A dikalikan 2x dengan B
Mau tau nilai f(6) berarti matriks A dikalikan 3x dengan B

((A x B) x B) x B sama dengan A x (B^3)

Berarti untuk menghitung f(1,000,000,000,000,007) sama dengan A x (B^1,000,000,000,000,004)

Nah timbul lagi kesulitan bagaimana kita menghitung nilai B^1,000,000,000,000,004 dengan cepat?

Kita gunakan metode divide and conquer berikut:

ilustrasi ketika menghitung B^35:
B^35 = B^17 * B^17 * B
B^17 = B^8 * B^8 * B
B^8 = B^4 * B^4
B^4 = B^2 * B^2
B^2 = B * B

Dari situ kita lihat bahwa utk menghitung B^35 hanya membutuhkan log2(35) = 5 operasi.
Berarti untuk menghitung B^1,000,000,000,000,004 hanya membutuhkan log2(1,000,000,000,000,004) = 50 operasi.

Nah lalu karena yang diminta hanya 4 digit terakhir tiap perhitungan kita modulus 10000. Teori modular aritmetika:
(a x b) % x = ((a%x) * (b%x)) % x
(a + b) % x = ((a%x) + (b%x)) % x

#include
#include
#include
using namespace std;

#define REP(i,n) for(int i=0,_n=(n);i<_n;++i)
#define CLEAR(x) memset(x,0,sizeof(x))

typedef long long LL;

int MOD = 10000;

struct Matrix {
int m[3][3];
Matrix() { CLEAR(m); }
inline int &operator()(int x,int y) { return m[x][y]; }
inline Matrix operator*(Matrix &a) {
Matrix ret;
REP(i,3) REP(j,3) REP(k,3) ret(i,j) = (ret(i,j) + (*this)(i,k) * a(k,j)) % MOD;
return
ret;
}
};

inline Matrix fastpow(Matrix a,LL b) {
if(
b==1) return a;
Matrix ret=fastpow(a,b/2);
ret=ret*ret;
if(
b%2==1) ret=ret*a;
return
ret;
}

inline int calc(LL n) {
n--;
int f[]={1,2,3};
if(
n<=2) return f[(int)n];

Matrix a;
a(1,0) = 1; a(2,1) = 1;
a(0,2) = a(1,2) = a(2,2) = 1;
a = fastpow(a,n-2);

return (
f[0] * a(0,2) + f[1] * a(1,2) + f[2] * a(2,2)) % MOD;
}

int main() {
printf("%d\n",calc(1000000000000007LL));
return
0;



Sumber Kaskus Forum Computer Stuff

Kafe Bergaya Rumah Sakit di China

Di sebuah kafe di China, ada sesuatu yang tidak biasa, yaitu semua pelayan dan resepsionisnya mengenakan pakaian suster dan dokter. Bukan itu saja, tapi alat untuk menghidangkan menu makanan pun menggunakan alat ala rumah sakit seperti infus, suntikan dan sebagainya. Dan ini berhasil menarik para pelanggan yang ingin mencoba suasana kafe yang berbeda dari biasanya, khususnya anak muda. Hemm kalau pelayannya cantik-cantik keq gini juga ga pa2 siy Lihat aja gan foto-fotonya di bawah ini, cekidot:

























Sumber Kaskus Forum Lounge

XEON "Semakin Tak Tertandingi!"

Perkembangan sejarah kendaraan roda dua dimasa lalu, dimana saat itu motor hanya bisa dinikmati atau dikendarai mayoritas oleh kaum laki ? laki. Maka di tahun 2002 Yamaha memberikan gebrakan dengan mengeluarkan produk motor automatic bagi kaum wanita. Yamaha matic dari tahun ke tahun selalu berupaya untuk mengerti konsumennya dengan design yang disesuaikan bagi karakteristik konsumen Indonesia. Seiring perkembangan zaman, saat ini Yamaha menjadi pelopor matic di Indonesia hal ini terbukti dengan hampir 4 juta konsumen Indonesia menggunakan Yamaha matic.

Di awal tahun 2010 Yamaha berupaya untuk terus berinovasi dalam dunia otomotif khususnya di pangsa pasar Indonesia. Tahun ini Yamaha membuktikan eksistensinya dengan memberikan warna baru di pasar motor automatic tanah air. Yamaha menghadirkan Yamaha Xeon sebagai pelengkap dari keluarga automatic, selain produk Yamaha sebelumnya yaitu Mio dan Mio Soul.

Yamaha Xeon hadir dengan model sporty dan tampilan yang stylish. Xeon dengan kapasitas mesin 125cc didukung Powerful Engine yang responsif, yaitu dengan beberapa keunggulan mesin seperti DiAsil Cylinder yang menjaga kondisi mesin tetap stabil saat dikendarai, berpengaruh pada bahan bakar lebih irit dan daya tahan yang kuat terhadap gesekan / aus. Forged Piston yang dibuat dengan proses tempa / dipadatkan sehingga menjadikan lebih kuat, ringan dan tahan lama. Throttle Position Sensor yang berfungsi mengatur waktu pengapian pada busi. Untuk pengaturan temperatur agar tetap stabil Xeon dilengkapi dengan radiator menggunakan Liquid Cooled.

Dengan dikeluarkannya produk baru ini Yamaha optimis mampu bersaing di dunia industri otomotif, karena Xeon memiliki keunggulan teknologi yang tinggi di kelas automatic. Yamaha Semakin Di Depan.

Sumber Yamaha Indonesia

tugas 9

1.) Analisa pernyataan Rita terakhir, “Kami sesungguhnya tidak berkomunikasi secara baik”, apa status komunikasi atasan-bawahan dalam peristiwa ini? Katz dan Khanz telah mengidentifikasikan lima tujuan proses komunikasi atasan-bawahan. sebutkan tujuan atau maksud proses tersebut yang diabaikan alam kasus ini!
jawab:
Dalam kasus Rita yang setia kepada pekerjaannya, status komunikasi atasannya dengan Rita sendiri adalah kurang baik dan kurang intensif.
Tujuan proses yang diabaikan dalam kasus ini adalah :
* tidak berkomunikasi dengan baik
* atasan tidak pernah memberi tahukan hal pekerjaannya
* atasan tidak mengetahui kemampuan gagasan cara bawahannya bekerja
* tidak dapat mengetahui keberhasilan karyawan dalam melaksanakan pekerjaan dan pencapaian produktivitas kerja yang optimal
* tidak dapat mengetahui hasil kerja dari pegawainya.

2.) Apakah ada implikasi – implikasi dalam peristiwa (kejadian) ini untuk komunikasi atasan – bawahan dan untuk komunikasi interaktif ?
jawab :
tidak ada implikasi namun komunikasai antara atasan dan bawahannya kurang baik sehingga tidak ada pengertian satu sama lainnya.

3.) Apa hambatan – hambatan terhadap komunikasi efektif dalam kasus ini ?
jawab :
atasan tidak meluangkan waktunya untuk bawahannya.
bawahan tidak berusaha untuk berkomuniksi kepada atasannya.