Laman

Kamis, 21 April 2011

Aneka Budaya dan Khas Indonesia

Indonesia merupakan Negara maemuk yang terdiri dari berbagai macan suku bangsam, daerah, adat istiadat dan lain-lain. Begitu banyak kebudayaan yang bangsa Indonesia miliki mulai dari bangunan, tarian, pakaia, senjata khas daerah, makanan serta acara ataupun upacara adat didalamnya. Itu semua kekayaan yang dimiliki bangsa yang tak ternilai harganya dan merupakan kekayaan terbesar yang dapat menjadikan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. Dari sabang sampai marauke terbentang banmyak kebudayaan yang beraneka ragam dan menarik. Hampir di setiap daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten di wilayah Indonesia memilki masing-masing kebudayaan yang berbeda. Kebudayaan tersebut tergantung dari cara hidup, asal dan pandangan masyarakat yang telah tertanam sejak dahulu, sejak nenek moyang ataupun leluhur mereka. Setipa kebudayaan mereka mewakil ataupun menampilkan ciri khusus ke khasan daerah tersebut.
Budaya-budaya yang ada terutama peninggalan berharga merupakan aset utama bangsa yang tidak boleh kita sia-siakan. Kita sadarai budaya yang kita miliki ini harus kita jaga dan rawat agar terus dapat terlestarikan hingga ke generasi seterusnya. Inilah merupakan tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa. Selain sebagia kekayaan budaya bangsa merupakan nilai seni yang besar yang dapat dijadikan alat untuk pemersatu bangsa, pengenalan bangsa, jati diri dan hiburan.
Seni budaya yang berbentuk banguna dapat menjadikan bukti bahwa peradapan ataupun kehidupan pada generasi lalu suda ada dan terbukti serta mempunyai nilai-nilai yang tinggi. Itu terlihat dari bentuk, seni, alat dan model dari bangaunan itu sendiri yang melambangan sesuatu yang besar yang mereka percayai mempunyai arti tertentu. Contohnya saja seni bangunan-bangaun yang ada seperti bangunan tempat ibadah, rumah singgah, rumah adat, perkantoran dll. Itu semua melambangkan satu kesatuan yang besar yang terkandung didalamnya. Salah satunya seni beberapa bangunan masjid yang terdapat di pulau jawa seperti masjid demak yang memiliki kubah bertingkat, masjid agung Banten, masjid agung Surakarta dll. Itu semua memeiliki arti tersendiri yang diyakini oleh masyarakat yang menganutnya. Seni bangunan lainnya juga terdapat pada seni yang terwujud dari bentuk rumah-rumah adat yang dimiliki daerah seperti rumah gadang yang khas yang dimiliki adat padang, Rumah adat betawi, jawa, Rumah Honai pada Papua dsb.
Dari segi tarian banyak tarian-tarian daerah Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Sama halanya dalam seni budaya bangunan seni tarian juga mempunyai arti dan makna tertentu yang terkandung didalamnya. Tarian yang terkenal yang sering ditampilkan di luar negeri yaitu tari saman asal Aceh. Tarian ini merupakan tarian penyambutan yang di dalamnya terdapat pujia-pujian terhadap sang pencipta serta sambutan rasa hormat pada tamu ataupun penonton yang melihatnya. Tarian ini biasaya di sajikan dalam sekelompok orang yang berpakain bervariasi yang menonjolkan kekompakan dan kecepatan gerak dari para penarinya. Tarian ini juga biasa di bawakan dalam rangka misi perdamaian ataupun persahabatan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Selain tari saman masih banyak lagi tarian yang cukup ternama sepreti tari serimpi, serampang dua belas,tari jaipong, jali-jali, topeng, kecak, pendet, reog dll. Terutama di daerah timur Indonesia tarian merupakan salah satu alat ataupun bagian dari penyambutan tamu oleh kaum adat mereka.
Tarian yang berasal dari papua misalnya melambangkan tentang penyambutan tamu yang dating ke daerah mereka dengan penuh rasa hormat, semangat dan kegembiraan. Jika kita tidak menjaga dan melestarikan itu semua kita tidak tahu akan bagaimana natinya terhadap keberadaan mereka semua.beberapa waktu yang lalu beberapa tarian Indonesia dia kui oleh bangsa lain, padahal itu adalah tarian asli Indonesia. Hal tersebut seharusnya menjadikan pelajaran bagi kita untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya kita.
Pakaian atau busana juga merupakan salah satu kebudayaan yang besar yang kita miliki. Tiap daerah memeiliki pakaian daerah masing-masing yang bercorak sesuai dengan daerah mereka. Pakaian-pakaian tersebut biasanya digunakan dalam acara ataupun upacara adat. Contohnya baju kebaya, batik, dan baju bodo yang berasal dari Sulawesi merupakan gamabaran dari suatu jati diri masyarakat daerah tersebut.
Selain seni bangunan, tarian dan pakaian bangsa Indonesia juga memeiliki kegiatan kebersamaan antar masyarakat di dalam daerah tersebut seperti gugu gunung pada masyarakat daerah sunda yang memiliki kegiatan tuk bekerja be3rgotong royong dalam melakukan suatu pekerjaan. Ngaben yang merupakan upacara pemakaman khas daerah bali dan laim sebagainya yang tidak bisa di jelaskan satu per satu. Jaedi begitu banyak budaya Indonesia yang harus kita jaga serta kita lestarikan. Jika tidak kita tidak tahu lagi akan kah generasi selanjiutnya akan mengenal budaya bangsa kita yang begitu banyak ini.

SUMBER DARI: http://hasanstudentsgunadarma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar